Friday, March 27, 2020

Menulis 3 Alenia

RESUME 1
Belajar Menulis Gelombang 7
Kamis, 26 Maret 2020
Pertemuan 1  : 19.00 - 21.00 WIB
Nara Sumber : Pak Wijaya Kusumah (Om Jay)
Tema             : Menulis 3 Alenia

     Belajar Menulis gelombang 7 ini adalah pembelajaran online yang dilakukan dengan menggunakan WA Group tanpa dipungut bayaran alias GRATIS. Pembelajaran ini terdiri dari 256 orang peserta. bila ada yang mundur, maka secara otomatis akan diganti orang yang baru hingga memenuhi quota sesuai kapasitas WA Group. Kegiatan ini dilaksanakan  selama 20 kali pertemuan yang berlangsung selama 2 jam dari pukul 19.00 - 12.00 WIB. Kegiatan ini di bimbing langsung oleh Pak Wijaya Kusumah yang akrab di panggil Om Jay. Om Jay juga mengandeng beberapa teman trainer dan motivator serta guru berprestasi untuk dijadikan nara sumbernya, yang berjumlah 20 orang yang pakar dibidangnya. 
         Kegiatan ini diharap peserta memiliki blog pribadi di blogger.com, wordpress.com atau blog keroyokan di kompasiana.com atau gurusiana.id, sehingga materi yang diberikan dapat dibaca oleh banyak orang. Materi pertama dimulai dengan sebuah gambar/foto sepiring SOMAY. peserta diminta menuliskan 3 alinea dengan bahasa sendiri boleh fiksi maupun non fiksi. Berbagai tulisan yang ditampilkan dari peserta ternyata hanya dengan gambar/foto sepiring SOMAY bisa menjadi inspirasi dalam menulis yang akan menghasilkan berbagai tulisan-tulisan yang  menarik dan luar biasa dari sudut pandang yang berbeda. Inilah keindahan dari menulis dan kita bisa memulainya dari 3 alenia saja yaitu pembuka, isi dan penutup. Setelah itu kita bisa mengembangkannya ke beberapa alenia bila sudah semakin terampil dalam menulis. 
              Semoga dengan kegiatan ini semua peserta bisa menulis dengan keindahannya sendiri dan bisa bertahan hingga pada pertemuan terakhir dan menghasilkan karya. terima kasih Om Jay atas bimbingannya hari ini.




Rosmalinda Aziz
SMPN 2 Kundur Barat
Karimun Kepri
             

No comments:

Post a Comment