Tuesday, March 31, 2020

Resume 3 Membangun Branding Melalui Blog dan Media Sosial


Belajar Menulis Gelombang 7
Senin, 30 Maret 2020
Pertemuan 3              : 19.00 - 21.00 WIB
Nara Sumber             : Namin AB Ibnu Solihin
Tema                          : Membangun Branding Melalui Blog dan Media Sosial

Pertemuan kali ini disampaikan oleh founder motivator pendidikan.com yaitu Pak Namin AB Ibnu Solihin. Saat ini aktivitasnya sebagai Motivator dan Trainer Pendidikan, Dosen, konsultan Pendidikan, Penggiat Pendidikan dan Blogger Pendidikan. Selama kurang lebih 15 tahun beliau telah berkarir dalam dunia Training, baik sosial maupun professional.
Diawal pertemuan Pak Namin memulai dengan kata motivasi "Tetap Bersemangat ya!." Sapaan yang indah untuk memulai materi ini. Materi kali ini membahas tentang Membangunkan Branding Melalui Blog dan Media Sosial dengan cara berdiskusi. Pak Namin mempersilakan peserta untuk bertanya atau sharing berbagai pengalaman dalam membangun branding. Setelah Pak Namin mempersilakan berbagai pertanyaan yang diberikan oleh para peserta. Berikut beberapa pertanyaan dari peserta dan pembahasan yang diberikan pak Namin.
  1. Bagaimana cara agar blog kita mudah sekali dikenal dan dikunjungi banyak?
  2. Pembahasan : Caranya adalah : Pastikan apa yang di tulis diblog, sesuai passion atau keahlian. Menulis berdasarkan pencarian yang terdeteksi di blog kita. Bisa dilihat dibagian dashboard blog, biasanya ada di statistik. Gunakan kata kunci saat menulis sesuatu di blog, agar mudah terindeks di Google, bahasa kerennya pakai SEO. Sering berkunjung dan memberi komentar/tanggapan di blog teman-teman yang lain. Dari sini biasanya akan saling mengunjungi. Gunakan keywords di setiap postingan. Seperti Tag dan label. Usahakan kata yang menjadi tag sering muncul dalam artikel.
  3. Bagaimana membuat branding sesuai passion jika passion kita lebih dari satu?
  4. Pembahasan: Passion harusnya satu, seperti contohnya Pak Nadim. Passionnya adalah mendidik. Dengan cara menjadi pembicara Training, Workshop dan Seminar dan aktinitas lainnya. Tapi Pak Namin tetap memposisikan sebagai Learning Partners.
  5. Apa kita harus punya ciri khas dari tulisan kita?
  6. Pembahasan : Ya, membangun branding lewat Blog dan Medsos itu wajib punya ciri khas. Maka jadilah diri sendiri. Kuncinya nulis aja hal yang bermanfaat, sesuai yang kita sukai.
  7. Bagaimana tips agar blog kita jadi menarik?
  8. Pembahasan : Agar Blog jadi menarik harus banyak baca buku, belajar Design Grafis, hadirkan template yang mudah dan tidak berat, blog harus informatif, padukan video, gambar, dan tulisan, serta rajin-rajinlah Blog Walking agar bisa belajar dari blog orang lain.
Itulah hasil diskusi materi ketiga yang dapat saya rangkum. Diakhir diskusi beliau memberi kata-kata motivasi kepada peserta
Teruslah bersemangat untuk menulis bapak/ibu,
Menulis untuk kebaikan
Menulis untuk berbagai inspirasi
Menulis untuk mengasah otak
Tapi jangan lupa, terus semangat juga membaca buku
Ngeblog jangan berorientasi untuk mencari uang
Tapi niatkan untuk belajar, memantaskan diri sebagai pendidik
Karena uang akan datang dengan sendirinya
jika banyak orang sudah merasakan nikmatnya membaca tulisan kita
Allah punya banyak cara mendatangkan rezeki untuk kita
Jadi menulis sajalah,
Menulis agar orang mengenal kita,
menulis agar kita punya semangat yang sama.
Jangan pernah berhenti untuk memantaskan diri menjadi pribadi yang menginspirasi, menggerakkan dan meneladani.

Materi yang luar biasa. Membangun branding sebagai blog harus selaras dengan kepribadian kita di blog, medsos dan segala aktifitas yang kita lakukan. Dalam membangun branding tidak ada yang instan, butuh proses. Yang penting ikhlas berbagi ide dan gagasan di blog. Terima kasih Pak Namin atas materi yang diberikan. In Sha Allah kami semua berusaha membagun branding melalui blog dan medsos dengan memantaskan diri sebagai pendidik. Semua akan indah pada waktunya.


Rosmalinda Aziz
SMPN 2 Kundur Barat
Karimun Kepri
link23sejoli.blogspot.com


3 comments:

  1. Jaaaaaan
    Luar biasa, ,
    The best ikik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Pak. Masih harus banyak latihan. Bapak juga The Best sudah banyak hasil tulisannya.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete