Monday, April 13, 2020


Jengkol



Jengki alias jengkol adalah makanan khas Indonesia yang banyak disukai orang. Beraneka ragam olahan jengkol bisa disajikan. Diantaranya: semur jengkol, rendang jengkol, gulai jengkol, oseng-oseng jengkol, bahkan kerupuk jengkol. Jengkol memiliki cita rasa yang unik dan juga aroma yang aduhai seisi rumah akan tau kehadirannya.

Makan jengkol sebiji atau sepuluh biji tidak akan ada bedanya dari aroma yang keluar dari mulut maupun ke pembuangan. Jadi lebih baik makan banyak. Hahaha. Tapi di keluarga ku jengkol tidak menjadi makan favorit atau makanan yang diincar. Bayangkan saja aku 7 bersaudara ditambah mama dan papa jadi 9 orang, tapi mama kalau memasak jengkol cuma 10 biji saja, kemudian dibelah dan akhirnya menjadi 20 potong. Tidak seperti kebanyakan orang masak sampai ratusan biji jengkol meski keluarganya lebih sedikit dari keluargaku. Duapuluh potong jengkol itu saja dikeluargaku tidak habis dalam sehari karena kami memakannya paling hanya sepotong atau dua potong saja. Itu semua bukan karena kami tidak suka jengkol. Cuma tidak begitu suka. hehehe. Yah kalau ada dimakan seadanya kalau tidak adapun tidak jadi masalah.

Menurut temanku ada beberapa tips agar aroma mulut kita setelah memakan jengkol akan hilang yaitu makan sedikit beras atau makan sesendok kecap manis. Tapi terus terang tips itu tidak berhasil pada ku. Mungkin bisa dicoba oleh yang lain, mana tau tips itu ampuh. Silakan dicoba!.




Rosmalinda Aziz
SMPN 2 Kundur Barat
Karimun, Kepri


2 comments:

  1. Hahaha betul betul, makan jengkol sebiji atau sepuluh biji nggak ada bedanya. Sama aja bau... 😁😁😁 Jadi, mending makan banyak sekalian ya Bu. Heehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah iya buk ditta. rugikan kalau makan dikit tetap ketauan juga dari baunya. hahahah

      Delete