Sunday, April 19, 2020




Combro atau luti gendang

Inikan luti gendang makanan khas dari Kabupaten Anambas Provinsi Kepulauan Riau. Tapi kok di bilang combro ya. Rasa penasaran, ku googling dari mana asal combro itu. Apakah sama dengan luti gendang yang pernah ku makan. Ternyata.... beda. Hanya bentuknya saja yang sama bulat lonjong warnanya coklat.

Hasil googling ku combro berasal dari Jawa Barat. Combro itu dari kata Oncom di jero yang artinya oncom di dalam. Kembali aku penasaran oncom itu apa pula? Bermodal hp dan otomatis ada paketnya dunk ku googling kembali oncom itu apa, dan hasilnya oncom adalah produk fermentasi yang dilakukan oleh beberapa jenis kapang, mirip dengan pengolahan tempe. Combro itu sendiri terbuat dari parutan singkong dan diisi dengan sambal oncom atau cabai lalu digoreng. Dari informasi itu tampak jelas berbeda bahwa combro bukan luti gendang dan luti gendang itu bukan combro. Eh kok bolik-balik gitu sih. Hahaahaha yang baca jangan kesel ya. 

Beda? Apa bedanya? Bedanya luti gendang ini sejenis roti goreng yang biasa diberi isi abon ikan (ikan tuna, ikan tongkol) dan daging ayam. Tapi kini luti gendang sudah banyak varian isinya ada coklat, keju, greentea, dan lain-lain. Kata luti artinya roti goreng sedangkan gendang itu karena bentuknya bulat memanjang bak gendang. Jadilah namanya dikenal luti gendang.

Gimana? Mau coba yang mana? Luti gendang atau combro? Atau kita tukaran makanan. Aku kasih luti gendang kamu kasi combro. Terus terang aku belum pernah merasa combro. hehehe

4 comments: