Wednesday, April 15, 2020


Menulis Buku dalam Seminggu dari Seminar Virtual di Youtobe
Bersama:
Prof. Eko Indrajit




Tanpa terasa kita sudah sampai pada pertemuan ke-11. Pada pertemuan ini akan disampaikan oleh Prof. Eko Indrajit yang saat ini menjabat sebagai Kepala SLCC dan Pengurus Besar PGRI. Pembelajaran ini dibagi 2 sesi, 60 menit materi dan 60 menit tanya jawab. Sebelum pembelajaran dimulai beliau mencerita kisahnya selama masa pandemi yang terjadi saat ini. Prof. Eko Indrajit mengatakan mengajar sudah menjadi hobbynya dari kecil. Sehingga tidak ada hari tanpa mengajar. Mulai dari mengajar sandi-sandi pramuka, cara main sulap kartu, membuat perangkat elektronik, dan lain sebagainya. Akhirnya beliau jadi dosen sekaligus konsultan seperti sekarang ini. Beliau juga mengatakan bahwa mengajar dan berbagi ilmu serta pengalaman sudah menjadi DNA dalam tubuhnya. 

Nah, pada saat covid inilah, beliau tidak bisa lagi mengajar secara langsung tatap muka. Kalau beliau tidak mengajar, stamina menurun.  Kalau stamina menurun, akan bisa tertular virus. Maka pada hari ke 5 lockdown di rumah, beliau putuskan untuk mengajar via streaming YouTube. Tidak perduli ada atau tidak ada yang nonton, yang penting beliau ngajar agar semangat. Maka beliau membuat EKOJI CHANNEL di YouTube. Semuanya dimulai pada tanggal 20 Maret 2020. 

Mengikuti seminar virtual bersama Prof. Eko Indrajit gratis loh say!.", tapi kalau mau pesan e-sertifikat, baru dikenakan biaya tambahan 10,000 rupiah untuk membayar teman-teman yang membantu administrasi. Beliau terkejut ketika seminar pertama tersebut yang ikut 600 orang dan hingga saat ini yang menonton youtube sudah 6,000 orang untuk tema pertama yang namanya DIGITAL MINDSET. 

Beliau mempersilahkan untuk nonton rekamannya di YouTube. Yang lebih terkejut lagi, untuk satu seminar tersebut, yang pesan sertifikat 1,116 orang. Wuih, tiba-tiba beliau dapat 11 juta dalam sehari. Akhirnya mulai tanggal 24 Maret 2020 sampai sekarang, setiap hari jam 8 pagi beliau melakukan seminar 1-2 jam di Youtube Streaming untuk siapa saja yang tertarik.

Diskusi dimulai dari pertanyaan Om Bams sang moderator.

Prof dari mana ide seminar di youtube kemudian mengeluarkan sertifikat ?
Kata beliau idenya sederhana. Setiap dosen harus membuat laporan untuk kenaikan jabatan akademik. Biasanya mereka harus mengikuti seminar dengan bukti sertifikat. Dengan adanya pandemi ini, semua seminar dibatalkan. Artinya ada dua. Mereka tidak bisa mendapatkan sertifikat (yang artinya akan kesulitan naik jabatan akademik), dan akan kehilangan pemasukan. Karena pemasukan beliau 70 persen dari seminar, workshop, lokakarya, konsultasi dan sebagainya. Semua orang yang ikut itu ternyata 80 persen adalah mereka yang pernah membeli buku-buku tulisnya semenjak tahun 1998. Beliau menulis buku juga dulu disuruh mahasiswa, karena ada krisis ekonomi 1998, ternyata buku itu jadi best seller. Akhirnya yang dulu ketagihan mengajar, menjadi ketagihan menulis. 

Trik menulis buku dalam seminggu 

Caranya mudah. Kita harus mendisrupsi diri sendiri. Usah banyak dibaca teorinya. Langsung aja pilih judul, langsung tulis. Seminggu pasti jadi. Contohnya bisa dilihat pada EKOJI CHANNEL miliknya. Pilihlah yang menarik perhatian. Beliau menantang peserta dalam waktu satu minggu untuk menjawab 6 pertanyaan sederhana mengenai topik yang dibahas, yaitu: 5W1H. Misalnya judul DIGITAL MINDSET. Kemudian jawab pertanyaan (dalam bentuk tulisan) sebagai berikut;. Chapter 1: APA yang dimaksud dengan digital mindset. 2. MENGAPA digital mindset dibutuhkan 3. SIAPA yang harus berubah mindsetnya 4. DIMANA digital mindset harus diterapkan 5. KAPAN digital mindset diterapkan. dan 6. BAGAIMANA cara menerapkannya. 

Nah, satu hari tulis satu. Berarti hari keenam sudah jadi. Hari ketujuh tulisan akan ditambah sana sini. Kemudian  akan LANGSUNG terbit dengan e-ISBN resmi dari perusahaan publikasi beliau yang di Yogyakarta, yaitu CV PREINEXUS yang bermitra dengan penerbit lama Graha Ilmu. Beliau mengatakan kita sebagai penulis pertamanya, beliau sebagai penulis keduanya. Kalau ternyata e-bukunya laku (kita jual di situs EKOJI CHANNEL dengan harga murah meriah, karena yang penting banyak yang beli).

Tertarikkkkk??? 
Beliau melelang judulnya kalau ada 3 orang memilih juduh yang sama, lebih baik. Jadi pengarangnya 4 orang plus beliau. Rejeki dibagi tiga penulis. Bagaimana ada yang minat?.

Dulunya beliau jadi penulis karena masih banyak waktu luang, dan waktu itu belum ada internet. Sedangkan sekarang keterbatasan waktu beliau, beliau lakukan kombinasi. Sabtu Minggu menulis, kalau hari biasa jadi Youtuber. Bagi beliau, buku dan youtube adalah MARKETING BROCHURE atau MARKETING TOOLS. Karena orang mengenal kita, baru mereka mengundang kita untuk bicara di acara mereka. Dari situlah beliau menghidupi keluarga  hingga saat ini.
  
Prof. Eko  mengatakan musuh menulis adalah diri sendiri. Motivasi hanya dapat dibangun dari dalam diri sendiri. Oleh karena itu, pilihlah sesuatu yang di SUKAI dan KUASAI. Berdasarkan pengalamannya kalau sudah terbiasa dengan 5W1H, lainnya menjadi mudah. Menulis adalah cara kita menyampaikan buah pikiran lewat tulisan. Jadi semua tulisan adalah baik, karena dilakukan dari hati. Kita pasti punya banyak hal yang ingin diceritakan kepada orang lain. Tulis saja apa yang ada di kepala kita. Usah takut. Kualitas menulis itu ditentukan oleh pembacanya. 

Kualitas menulis adalah masalah jam terbang. Lama-lama jadi bagus sendiri. Menurut beliau satu-satunya yang perlu diperhatikan adalah buatlah tulisan yang tidak membuat orang lain sedih karena kita menyampaikan hal-hal yang buruk atau jelek. Karena menulis hal-hal yang buruk mendatangkan energi negatif. Malah akan mengganggu kehidupan masa kini dan mendatang.

Nasehat Prof. Eko , jangan waktu mengatur kita, kita yang harus mengatur waktu. Buatlah menulis sebagai sesuatu yang PENTING dan GENTING, sehingga harus segera dikerjakan. 

Bagaimana? Mau menyambut tantangan Prof. Eko? Hanya dalam waktu seminggu?





Rosmalinda aziz
SMPN 2 Kundur Barat
Karimun, Kepri


No comments:

Post a Comment