Saturday, April 4, 2020

Resume 6


Menulis Tentang Momen Spesial Kala Mengajar
Oleh:
Munif Chatib




  
Pak Munif Chatib adalah seorang penulis luar biasa yang sudah banyak menghasilkan buku-buku best seller. Diantara buku best sellernya adalah Gurunya Manusia, Sekolahnya Manusia, Orangtuanya Manusia, Kelasnya Manusia, dan lain-lain. Saat ini beliau menjabat CEO NEXT EDU INDONESIA, Sebuah Lembaga konsultan dan pelatihan guru di seluruh Indonesia dan luar negeri.
Pertemuan kali ini Pak Munif akan membawakan materi yang sungguh menarik yaitu Menulis Tentang Momen Spesial Kala Mengajar. Saya yakin sebagai guru pasti banyak sekali momen-momen spesial itu. Hanya saja tidak dituangkan dalam tulisan. Seandainya dari awal mengajar kita menulis momen spesial itu pasti saat ini kita sudah bisa menghasilkan buku. Sesal tiada guna.

Kembali pada pembelajaran kali ini. Pak Munif mengawali dengan mengucapkan salam dan memperkenalkan diri. Materi yang diberikan di share lewat link youtobe http://youtobe.be/-tGJsRRQrV0 , selama 13 menit. Sebelum materi dilanjut kami dipersilakan menyimak terlebih dahulu. Dan beliau juga menshare pdf contoh artikel bebas momen spesial yang berjudul 80 Menit Di Kelas Neraka. Akhirnya diberi tambahan waktu menjadi 15 menit untuk menonton youtobe dan membaca artikel tersebut.

Dari hasil tontonan itu ada beberapa hal yang menjadi sangat penting dalam momen spesial. yaitu:

Makna Momen Special
  1. Momen Spesial adalah kejadian khusus yang terjadi dalam proses pembelajaran antara guru dengan siswa, baik dalam maupun luar kelas.
  2. Momen Spesial mempunyai potensi untuk masuk ke memori jangka panjang, tak terlupakan seumur hidup.
  3. Momen spesial meliputi : a). Perubahan motivasi : semua tidak minat menjadi berminat atau sebaliknya. b). Perubahan kemampuan: semua tidak mampu menjadi mampu atau sebaliknya. c). Perubahan sikap: semua tidak rajin menjadi rajin atau sebaliknya.

Proses Pembelajaran
  1. Pendahuluan
  2. Kegiatan Inti
  3. Penutup

Mengapa momen spesial harus ditulis?
  1. Pembaca tak akan lupa seumur hidup, sebab masuk memori jangka panjang.
  2. Potensi menjadi tulisan yang dibaca, dikenang, dibagi, dan dicari.
  3. Mudah ditulis artikel bebas tidak ketat aturan artikel ilmiah.
5 Momen Masuk Memori Jangka Panjang
  1. First Experiense : Apapun kejadian pengalaman pertama siswa akan masuk dalam memori jangka panjang.
  2. Relevance : Kejadian-kejadian berhubungan topik materi dengan kondisi siswa.
  3. Rehearsal: Kejadian yang diulang-ulang
  4. Emotional: Perasaan yang diaduk-aduk. Ada perasaan bahagia, takut, benci, panik, terkejut, dan lain-lain.
  5. Survival: Mengajar mengandung unsur bertahan dalam hidup untuk keselamatan hidup.
Tahapan Menulis Spesial Momen
  1. Catat/rekam kejadian; momen spesial pada saat terjadi jangan ditunda
  2. Elaborasi, mencari data-data pendukung momen spesial, data fakta, bertanya, imajinasi.
  3. Menulis dalam bentuk artikel bebas.

Dengan paparan tersebut diberikan sesi diskusi. Banyak pertanyaan yang muncul dari kami peserta belajar menulis gelombang 7. Berikut kesimpulan yang bisa saya buat:
  1. Cara mengajar sederhana agar siswa dapat memahami dan memperhatikan dengan jelas, akurat dan cepat . Yaitu : Pertama dalam mengajar sebaiknya diawali pendahuluan yang keren yang disebut apersepsi. Jika apersepsi berhasil, biasanya siswa tertarik untuk belajar, sehingga kemungkinan besar paham. Kedua adalah bagian penutup juga harus keren. Berupa kesimpulan tentang hikmah dari materi ajar. Ingat secara neurosains, awal dan akhir itu penting karena tercatat 80% diotak siswa. Ketiga baru memilih metode pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student Center Learning).
  2. Beda antara guru keras dan guru tegas. Guru killer adalah sebutan untuk guru keras. Ciri-cirinya : Guru keras berdampak akan dijauhi, dihindari oleh siswa. Namun guru tegas sebaliknya, akan dirindukan oleh siswanya. Zaman sekarang siswa membutuhkan guru tegas. Kedisiplinan yang diterapkan oleh guru tegas akan menjadi unsur siswa suka kepada gurunya.
  3. Ada 3 cara sederaha menjadi guru tegas, yaitu : Pertama kita menjadi gurunya, orang yang memberikan ilmu. Kedua kita menjadi orangtuanya, kita memberikan nasehat-nasehat. Ketiga kita menjadi sahabat siswa, dengan membuka diri untuk menerima curhat dari siswanya. Hanya yang perlu diperhatikan adalah WAKTU. Kapan kita harus jadi guru, orangtua, dan sahabat siswa-siswa kita.
  4. Cara memotivasi guru lain untuk lebih inovatif dan menarik dalam mengajar yaitu memiliki sikap bijak terhadap teman-teman guru yang tidak kreatif, atau tidak mendukung usaha kita untuk kreatif, seperti kebiasaan menulis dan lain-lain. Sebenarnya sederhana. yaitu selalu share kepada mereka karya kita, meskipun itu hanya 2 lembar artikel. Lalu sampaikan pertanyaan kapan ya bisa dibalas juga dengan menunjukkan karya guru tersebut. Jangan bosan-bosan menunjukkan atau share karya klita. Seandainya itu tidak berhasil tidak usah terlalu dipikirkan sikap guru yang tidak mau berubah. Teruslah kita tetap kreatif. Jalan aja terus nanti hasilnya adalah informasi dari pihak ketiga, yaitu siswa kita. Jika ada siswa yang suka dengan cara menggajar kita mereka tertarik dan merindukan kita, itu saja cukup buat kita untuk modal bahwa kita sudah on the right track.
  5. Kepekaan terhadap momen spesial di kelas sangat berhubungan dengan potensi kecerdasan setiap siswa. terkadang dari momen spesial ini, siswa yang sebelumya pasif atau kita anggap tidak cerdas, tiba-tiba karena suatu hal dia akan berubah menjadi cerdas.
  6. Momen special merupakan jenis tulisannya adalah artikel bebas. Jadi tidak terikat dengan ketentuan artikel ilmiah. Karya tulis yang paling banyak dibaca adalah novel, karena mengandung unsur imajinasi yang memang disukai manusia. Novel adalah tulisan yang bersifat bebas.
  7. Dalam suatu tulisan menjadi inspirasi bagi pembacanya, lebih bagus dicantumkan nama siswa tersebut. Namun jika terdapat hal-hal yang privasi sebaiknya disamarkan.
  8. Dari sebuah kalimat momen spesial, bisa dapat dikembangkan menjadi beberapa paragraf, banyak cara yaitu dengan mengidentifikasi masalah apa, cari tahu penyebabnya, cari tahu tentang dampak jika masalah tidak selesai. dan hikmah kejadian itu apa.
  9. Cara menumbuhkan momen spesial demgan memperhatikan karakter negatif yang terjadi di kelas. Coba melatih bertanya kepada diri kita sendiri apakah ada siswa yang tidak memperhatikan penjelasan kita, kemudian lanjutkan dengan pertanyaan kenapa?. Yang kedua apakah ada siswa yang membantah? kenapa? Percayalah kita lebih mudah mengamati karakter negatif daripada karakter positif siswa-siswa kitra. Momen negatif biasanya lebih banyak memunculkan pembelajaran buat kita. Seperti kata bijak : JANGAN TAKUT SALAH, SEBAB ITULAH JALAN UNTUK MENDAPATKAN KEBENARAN. Bahkan momen negatif lebih memberi muatan emosiaonal yang kuat. Hanya saja kejadian dan nama gunakan inisial.

Pembelajaran yang sangat luar biasa. Semua real terjadi dalam kehidupan kita sebagai guru.. Bahkan diantara kita juga pernah merasakan hal yang sama. Termasuk saya. Mengajar siswa dengan berbagai tingkah, kemampuan dan pemikiran yang berbeda. Tidak ada anak yang nakal yang ada adalah anak yang kebutuhannya belum terpenuhi. Kebutuhan apakah yang belum terpenuhi dari anak tersebut. Ketika kita melakukan pendekatan untuk cari tahu kebutuhan yang belum terpenuhi, maka si anak bandel itu punya perasaan bahwa dia ternyata diperhatikan. Dan gurunya berusaha untuk membantunya. dan mengajar, seni mengajar itu bukan bakat, tapi bisa dipelajari. Seperti mengajar agar siswa tertarik dimulai dengan apersepsi yang menarik.

Ayo kita jadikan kebiasaan sehat dengan latihan menulis. InsyaAllah nanti Allah memberi kemudahan kita menulisnya. Ingat dalam kerajinan kita menulis ada unsur kebiasaan. Tulis saja dulu, kualitas tulisan belakangan. kalau kita sudah mulai berani menulis itu adalah 80% keberhasilan sedangkan 20% adalah belajar memperbaiki tulisan kita.


Rosmalinda Aziz
SMPN 2 Kundur Barat
Karimun, Kepri


3 comments: