Tuesday, April 14, 2020


MELURUSKAN NIAT MENERBITKAN BUKU
Bersama
Omjay



Kuliah umum online yang berlangsung pada hari sabtu, 11 April 2020 bersama Wijaya Kusumah yang lebih tenar dengan sebutan Omjay. Selain sebagai blogger ternama ia juga seorang youtuber. Banyak prestasi yang telah ia raih. Saat ini beliau berprofesi sebagai guru TIK dan dosen STMIK Muh. Jakarta. Materi yang dibahas kali ini tentang "Meluruskan Niat Menerbitkan Buku." Omjay seorang founder belajar menulis di WA Group PGRI. Alhamdulillah sampai saat ini sudah banyak menghadirkan narasumber-narasumber yang hebat dan luar biasa. Materi-materi yang diberikan diluar dugaan. Seperti menulis 3 alenia, pentigraf, menulis tanpa ide, membangun branding, mendesain pembelajaran jarak jauh, menulis tentang momen spesial kala mengajar, dasar menulis kata, kalimat, dan paragraf, dan banyak lagi. Bukan sampai disitu saja kami juga diberi tantangan untuk bercerita dari gambar yang diberikan seperti: siomay, bayi, kucing, ketoprak, mie ayam bakso, jengkol, pisang coklat, dan banyak lagi. Berkat itu semua sampai hari ini sudah banyak tulisan yang kami hasilkan. Rasa tidak menyangka bisa melakukan hal itu. Dengan itu semua kami peserta terutama saya menjadi terinspirasi dan termotivasi untuk lebih serius lagi melatih diri untuk selalu menulis, menulis, dan menulis agar kami bisa mewujudkan menerbitkan buku nantinya.

Pembelajaran dimulai pada pulul 19.00 WIB, beliau memberikan rekaman kuliah pada link http://youtobe.com/wijayalabs. Meskipun ada masalah pada audio sehingga siaran ulang tidak terdengar suaranya. Maka dilakukan diskusi. Diawal beliau mengatakan "Luruskan niat jangan hanya mengejar sertifikat tapi mengejar ilmunya serta wujudkan menerbitkan buku."

Kegiatan kuliah online ini, semua peserta diwajibkan menulis resumenya. Pertama hasil resume kuliah online dari narasumber tentang materi yang selama ini kita ikuti dan kedua buku bebas dari apa yang kita sukai dan kuasai. Ikatlah ilmu dengan cara menuliskannya dan posting di blog agar banyak orang yang membaca karya tulis kita di internet. Materi yang diberikan oleh para narasumber akan bagus sekali bila dibagikan kepada guru-guru yang belum sempat mengikuti program belajar menulis gratis dari PGRI. "Kita biasakan berbagi ilmu dan pengalaman dalam bentuk tulisan. Sebaik-baik manusia adalah yang mau belajar dan mengajarkannya." Kata Omjay

Ketika ada peserta yang tidak fokus belajar sehingga ada beberapa materi yang terlewatkan dan belum sempat buat resumenya dengan bijak Omjay memecahkan masalah agar peserta berkolaborasi dengan kawan-kawan peserta lainnya di group wa. Kita sudah punya ketua kelas dan sekretaris di masing-masing wa grup. Bila belum ada, maka andalah yang berinisiatif untuk menjadi pemimpin dan guru penggerak di wa grupnya. Bukankah kita semua adalah guru penggerak? Kita tak hanya mementingkan diri sendiri tapi juga mengajak peserta lain yang kesulitan untuk menulis menjadi terbantu untuk menerbitkan bukunya.

Kurang banyak membaca membuat tulisan kita kurang berkualitas dan di belajar menulis inilah kita ditantang untuk berlatih menulis. Kita belajar bersama untuk menerbitkan buku. Narasumber yang baik hati telah memberikan semua ilmunya kepada kita dan disinilah kita perlu meluruskan niat menerbitkan buku. Om jay tidak hanya memberikan materi-materi yang luar biasa dari narasumber -narasumber hebat, lebih dari itu Om jay telah menanamkan sikap rendah hati dan terus mengajak untuk berbagi mengejar Akhirat.

Apa solusi agar resume kita memiliki daftar pustaka?
solusinya adalah buku-buku dari para nara sumber bisa kita jadikan daftar pustaka dan juga tulisan kawan-kawan peserta yang bagus dan keren di blog bisa dijadikan daftar pustaka. Itulah mengapa Omjay mengajak kawan kawan untuk saling berkunjung dan berkomentar ke blog peserta lainnya. Blog walking itu penting agar kita menemukan gaya menulis diri sendiri. Sebab setiap orang punya gaya menulis yang berbeda beda.

Bagaimana menyikapinya agar tulisan kita menjadi buku meski jenis buku dengan ide yang sama sudah banyak terbit?
Cara menyikapinya teruslah dengan ide kita atau cari tema lain yang beda dengan tulisan orang lain. Kita harus mampu mengembangkan kreativitas dan imajinasi. Saat kita menulis, usahakan jangan copy paste tulisan orang lain. Sehingga apapun yang kita tuliskan menghasilkan informasi baru bagi pembaca. Buatlah setiap pertemuan kuliah online kita bermakna dan membuat kita menemukan ide segar dalam menulis. Omjay menawarkan peserta untuk membeli buku UKTUB karya Akbar Zainudin dan buku Menulis Tanpa Ide karya Budiman Hakim. Omjay juga mengatakan dari resume yang dikirimkan peserta ke email, beliau menemukan banyak peserta yang sudah menemukan idenya dan telah berhasil membuat tulisannya enak dibaca. Seperti tulisan ibu Tere yang setiap hari bisa mendapatkan 8000 orang netizen berkunjung ke blognya.


Pengalaman Omjay dalam menulis hingga menjadi blogger ternama
Kata beliau, terus terang beliau bingung mau menulis apa ketika bikin blog. Hari itu beliau buat blog dan hari itu pula meninggalkannya. Namun beliau kemudian terinspirasi dengan blog pak agus dan pak dedi. Dua orang kakak beradik ini menuntun Omjay menjadi Blogger ternama. Beliau banyak belajar dari blog http//gurukreatif.wordpress.com dan http://dedidwitagama.wordpress.com. Untuk menumbuhkan kreatifitas beliau, tulisannya didokumentasikan di blog dan beliau juga menemukan mantra ajaib menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi. Kita dapat mengunduh bukunya gratis di http://wijayalabs.wordpress.com Selain itu Omjay juga memiliki pengalaman tidak menyenangkan selama jadi guru blogger pada saat tulisannya diambil orang lain tanpa mencantumkan namanya. Beliau menulis di blog adalah caranya berbagi ilmu dan pengalaman. Saran beliau menulislah dari hatimu agar engkau dapat bertemu pembaca setiamu pada blog yang anda kelola.

Kebanyakan peserta kurang blog walking yang berakibat tidak tahu apa yang harus dikerjakan. Disinilah kepandaian kita diuji dalam mengelola waktu. Beliau juga memberi solusi apabila mengalami kesulitan dalam membuat blog di blogger.com, dapat dibantu oleh pak Brian. Beliau adalah penulis buku blog yang bukunya best seller.

Semua keberhasilan Pak Wijaya selaku influencer, blogger, dan youtuber sangat menginspirasi. Hal itu sudah melalui perjuangan yang sangat panjang. Mempertahankan kesuksesan hari ini pun membutuhkan kedisiplinan untuk tetap berkarya melalui tulisan. Ini menjadi inspirasi bagi kita semua. Apalagi blog yang sudah ditulis 30 artikel bisa langsung menjadi buku. Rekam jejak yang tak akan lekang oleh waktu. Namun hal ini tentu memerlukan minat dan bakat, tidak semua guru memiliki talenta ini. Tapi kita bisa berusaha mewujudkannya dengan rajin menulis, menulis dan menulis dari yang kita sukai dan kuasai. Jadikan pengalaman sebagai guru terbaik. Mencoba meramu semua bahan bacaan menjadi tulisan yang lebih bermutu dan mencerahkan pembaca.

Terima kasih Omjay atas segala inspirasi dan motivasinya. Semoga kami benar-benar bisa meluruskan niat untuk tidak hanya mengejar sertifikat tapi mengejar ilmu serta wujudkan menerbitkan buku. Aamiin Ya Rabbal Alamin.



Rosmalinda Aziz
SMPN 2 Kundur Barat
Karimun, Kepri













8 comments: