Thursday, April 2, 2020

Resume 5


Mendesain Pembelajaran Jarak Jauh yang Efektif
Oleh
Indra Charismiadji



Pembelajaran kali ini tentang Mendesain Pembelajaran Jarak Jauh yang Efektif bersama Bapak Indra Charismiadji. Beliau seorang pemerhati dan praktisi pendidikan 4.0. Profesi beliau selain sebagai Direktur Eksekutif Center For Education Regulator and depelopmen Analysis (CERDAS), beliau juga Direktur Bidang pendidikan VOX Populi Institute Indonesia, Ketua Dewan Pembina Asosiasi Guru TIK/KKPI Indonesia (AGTIFINDO) dan Dewan pembina Ikatan Guru TIK PGRI.

Untuk mengikuti pembelajaran ini dibutuhkan aplikasi WebEx yang sudah diberikan OmJay sebelum pembelajaran dimulai. OmJay memberitahukan link aplikasi webex melalui HP harus di instal di Playstore sedangkan menggunakan Laptop atau PCS tidak perlu diinstal. Terus terang baru pertama kali saya mendengar kata WebEx. Sebelum pembelajaran dimulai saya menyempatkan diri googling tentang WebEx dan memperoleh beberapa informasi tentang WebEx sebagai berikut:
  1. WebEx lebih tepatnya Cisco WebEx adalah perusahaan Amerika yang mengembangkan dan menjual aplikasi konferensi web dan konferensi video. Memiliki kantor pusat di Milipitas, California. CEO: Chuck Robbin (26 Juli - sekarang). Pendiri : Subrah Iyar, Min Zhu. Anak perusahaan : WebEx EMEA, Presenter International,Inc.
  2. Pengertian WebEx adalah sebuah aplikasi online yang dikembangkan oleh Cisco yang membuat para pengguna saling berkolabolasi lewat gambar, video, dan suara dari mana pun secara lebih mudah.
  3. WebEx mengkombinasikan komunikasi lewat telepon dengan tampilan di layar komputer. Tidak perlu menghabiskan biaya untuk perjalanan dan melakukan pertemuan, cukup melalui penjelajahan Web di meja masing-masing dan lebih produktif dibandingkan mengirim file yang akan didiskusikan lewat email. Tidak ada perangkat keras yang harus dibeli, maupun perangkat lunak yang harus diunduh.
  4. Dengan aplikasi ini, baik perusahaan maupun pengguna perorangan bisa menggurangi biaya operasional dan membuat pekerjaan lebih efisien.
Ketika pembelajaran dimulai, saya sempat bergabung di WebEx bersama teman-teman yang lain, tapi masih tahap awal membahas penggunaan WebEx yang masih awam untuk beberapa peserta (termasuk saya) dan beberapa kendala pada signal. Belum sempat mendengar materi yang diberikan Pak Indra, jaringan online saya terputus. Kendala yang saya alami segera saya utarakan kepada OmJay. OmJay menyarankan agar mengulangi kembali dari awal. Walaupun itu sudah berulangkali saya lakukan tapi tetap saya coba dan coba lagi. Akhirnya ungkapan menyerah saya katakan pada OmJay. Tak lama OmJay mengirim http://news.detik.com/read/2020/04/01/124549/4960969/103/mengelola-pembejaran-daring-yang-efektif

Dari link yang diberikan OmJay sudah terangkum semua yang didiskusikan. Kesimpulannya fungsi guru di abad 21, dalam pembelajaran dibutuhkan pentingnya kolaborasi guru dan murid untuk memenuhi perubahan pembelajaran diera revolusi industri 4.0. Untuk memenuhi itu semua dibutuhkan sarana dan prasarana yang memadai dan tentunya diiringi kesejahteraan ekonomi masyarakat. Sehingga terbentuk how to learn bukan what to learn.




Rosmalinda Aziz
SMPN 2 Kundur Barat
Karimun, Kepri


No comments:

Post a Comment